Friday, December 6, 2013

Wisata Sejarah

Entah sejak kapan aku mulai menyukai anak-anak, bagiku anak-anak adalah malaikat-malaikat kecil yang mampu membuatku tersenyum dengan sangat lama, yang mampu meringankan sedikit bebanku ketika aktivitasku mulai menjenuhkan, yang mampu mengalihkan duniaku hanya dengan  melihat senyum dan tingkah mereka yang polos. 10 november bertepatan dengan hari pahlawan, aku menyibukkan dan merelakan hari liburku (tepatnya waktu tidurku yang bisa lebih panjang dari hari biasa hehehe) dengan mengikuti sebuah kegiatan yang di adakan oleh LEMINA, kegiatan tersebut adalah "Wisata Sejarah" dimana kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengajak anak untuk mencintai sejarah sejak dini. Kebetulan pada kegiatan ini, aku bertindak sebagai salah satu volunteer yang mengajak anak-anak bermain games (Pos Denah).

Enam puluh anak yang terpilih dengan penuh semangat telah siap sejak pukul 09:00 pagi, mengenakan pakaian senada berwarna biru tampak wajah-wajah penuh kebahagiaan dari anak-anak itu. Aku, yang sejak pagi sudah berada di lokasi (Makam Raja-raja Tallo) sedikit merasa tersindir dengan mereka, bagaimana tidak biasanya di hari minggu sesudah subuhan, aku lebih memilih kembali memeluk bantal dan menarik selimutku, ketimbang menikmati minggu pagiku dengan segala aktivitas yang ku rasa tidak perlu, tetapi minggu ini aku memilih keputusan berbeda dari minggu-minggu sebelumnya.

 Ahaaaa buat lingkaran dulu yuk, sekalian kita perkenalan ya sobat-sobat cilik ^^

Hari itu aku menerima tawaran menjadi salah satu volunteer repot-repot dalam kegiatan "Wisata Sejarah", dalam kegiatan ini aku dan salah satu volunteer yakni Kak Calu di haruskan untuk menjelaskan kepada peserta bahwa mereka harus menggambar kembali denah yang telah di sediakan sebelumnya ke dalam buku kecil milik mereka yang telah di bagikan. Denah-denah tersebut harus diisi dan di beri tanda dengan keterangan nama raja-raja yang dimakamkan di tempat tersebut. Jujur, ini adalah kali pertama aku menginjakkan kaki di makam raja-raja tallo. Andai saja aku tidak tercatat sebagai salah satu volunteer, mungkin aku tidak akan pernah berkunjung ke salah satu tempat warisan budaya ini. Kegiatan ini secara tidak langsung, ikut membangkitkan semangatku untuk lebih mengenal lagi tentang sejarah perjuangan leluhurku. Bagaimana tidak, sejarah selalu diidentikkan dengan hal-hal yang membosankan, terakhir aku belajar soal sejarah adalah saat aku duduk di bangku SMA. Selain itu sejarah selalu dikaitkan dengan hafalan dan guru yang terbilang killer (pernah ngalamin -_-).

Yukk sobat cilik liat dulu denahnya yang di tangan kakak terus di gambar ya ^^

 Denahnya gambar yang benar ya sayang :D

Dalam kegiatan "Wisata Sejarah" ini selain games menggambar denah-denah makam, para sobat-sobat kecilku juga mengikuti games kenali raja-raja tallo, dalam kegiatan ini mereka mendapat semacam kuliah singkat tentang raja-raja yang di makamkan di kompleks makam raja-raja tallo. Ada juga games kenali bangunan sejarah, di mana games ini bertujuan memperkenalkan bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Makassar (sekalipun tinggal di Makassar saya juga nggak hapal-hapal amat bengunan bersejarah apa saja yang ada di kota ini >.<). Selain itu games yang paling bikin ngakak adalah games temukan pahlawanmu, bagaimana tidak pada games ini para sobat-sobat kecil saya di minta untuk memilih 10 gambar pahlawan dan di tempelkan pada peta yang sudah di sediakan.

Pahlawannya di tempel sesuai daerah asalnya ya :D

 Hayoooo ini sudah benar apa belum??

Pada games ini ada beberapa sobat cilik yang memasang tidak sesuai daerah asal sang pahlawan, dan pas di tanya kok masangnya malah keluar dari Negara Indonesia dengan polosnya dia menjawab,
"Ye, kak Presiden saja bisa keluar negeri masa pahlawan nggak", malah ada juga yang jawab "Itu pahlawannya jadi TKI kak". Saya dan beberapa teman-teman volunteer hanya bisa di buat terpana dan tertawa mendengar jawaban salah satu sobat cilik itu. Games terakhir pada kegiatan "Wisata Sejarah" kali ini adalah aku bisa sejarah pada games ini sobat-sobat kecil di minta menuliskan kesan-kesannya pada metaplan yang sudah di sediakan.

Hihihihihi tulisannya sobat-sobat cilik agak susah di baca ya >.<

 Adek-adeknya lagi menari ini, buat menghibur teman-temannya 

Sebelum bubaran kita pose dulu ya ^^

Wisata Sejarah bareng Sobat

 Kakak-kakak Volunteernya pose dulu ya :D

 Hihihi kakak-kakak volunteernya juga manusia ya, jadi istirahat dulu :D

Biar di kompleks makam posenya tetap kece ya hahahaha
Setiap orang pasti mempunyai sejarah. Dan sejarah dari masing-masing pribadi kita berbeda, entah aku, kamu dan kalian. Aku tak pernah di perkenalkan menikmati dan menyukai sejarah saat usiaku seusia sobat-sobat kecilku, sejarah yang tertanam dalam benakku adalah sejarah yang sangat membosankan, sejarah yang mengharuskanku menghafal setiap tanggal lahir dan wafatnya pahlawan-pahlawan negeri ini, tetapi kali ini sejarah berubah menjadi sesuatu yang menyenangkan, sesuatu yang bisa ku nikmati, sesuatu yang membuatku tidak harus tertidur di kelas karena mendengar tanggal-tanggal lahir dan wafatnya pahlawan-pahlawan negeri ini. Oleh sebab itu, jangan pernah melupakan sejarah dan mari perkenalkan sejarah kepada anak sejak dini ^^.




24 comments:

miffaradisa said...

aaaa..pengen jadi volunteer kayak gitu...pengen ngajar ank kecil yg masih polos2...
jawabannya kreatif banget yang pahlawan ke luar negeri itu...kalo aku yang ngajar, pasti udah keselek minuman gara2 denger jawaban itu..hahaha

Neemassulistya said...

pengen jadi volunter, banyak sih di malang .. tapi gak ada waktuu

Nurul Huda said...

anak kecil emang gitu ya wajahnya bersinar-bersinar bahagia kayak gapunya masalah. Sama mereka juga apa yang biasanya menjengkelkan bisa jadi menyenangkan, sejarah yang membosankan aja bisa jadi menyenangkan :D pengen juga sih bisa main sama anak kecil dan dianggap guru gitu ahhaha

Siska Dwyta said...

waaahhh ini yang kegiatan yang bertepatan dengan walimahnya kakak ku yaaak serruu deh kapan2 klubada lagi ajaak yaa.. klu tidak bertubrukan dengn agenda lainku mw k ikut hehe... oia makam raja tallo itu dimn? bukan di balla lompoa itu kah...

yup sejarah itu emang penting.. mknya bung karno berpesan JAS MERAH... jangan sekali-kali melupakan sejarah) naaahhh wiwi nulis kisah ini pun termasuk mengabadikan sejarahh itu^^

Wiwi Aswan said...

Miftah : Yuk jadi volunteer asyik loh ^^
Nenna : Ayukk ayukk semangat, tergantung kita sih kalau mau Insya Allah bisa :D
Huda : Cieeeee ayukk jadi volunteer, asyik loh
Kak Ika : Iye kak. Bukan kakak, makam raja-raja tallo dekatnya tol itu dekat untia juga kak..
Amin kak

Mei Wulandari said...

cieeeeee yg jadi volunteer selamat ya :)
adik2nya juga lucu kayak murid2ku
sejarah memang penting, jadi klo diajarkan sejak dini itu KEREN bgt

Kukuh Kurniawan said...

waaa, fun banget wisata sejarah kayak gitu. kalau udah gede kayak aku masih boleh ikut nggak kira kira? hahahaha

Haris said...

acara seperti ini memang berguna sekali untuk anak-anak agar tidak melupakan sejarah. dan mereka akan lebih menghargai dari sejarah itu.
kalau di pramuka siaga juga ada permainan memasangkan gambar pahlawan sesuai namanya. jadi anak-anak akan menggambil gambar pahlawan dan mencocokkan dengan nama pahlawannya.

elangdrum said...

ternyata pelajaran sejarah yang membosankan bosa juga dibuat mengasyikkan yah...
lucu tuh denger komentar, presiden aja bisa keluar negeri masa pahlawan ngga. pahlawan ada yg jadi TKI juga yah.. hahahahaha

Wiwi Aswan said...

Kak Mei : Hahahaha unyu-unyu sekali kan mbak
Kukuh : Boleh tapi sebagai Volunteer pendamping adek-adeknya ya ^^
Mas Haris : Wah saya bukan anak pramuka, jadi nggak tau soal itu mas hahaha
Elang : Iya dong, ikutan yukk lang. Hahaha saya aja sampai ngakak pas dengar mereka ngomong kayak gitu

Roro said...

ajarin aku juga donggg, aku juga anak kecil yg masih polos kok *pasang tampang polos
haahha

pasti banyak hal seru! yakin aku!
aaaaaaaaaa!!!

Wiwi Aswan said...

Roro : Hahahaha, sepolos apa sih kamu >.<.. Banyak banget pastinya hal seru :)

Matthiday said...

Huaaah... malah ke inget masa tk dulu. Hahaha.
Tapi, itu anak kecilnya gak ada yang takut kan?
Soalnya kan wisata sejarah di area pemakaman leluhur gitu. :3

miffaradisa said...

iyanih, udah ada niat, tapi susah nyari waktu kosong...kerjaan lagi sibuk2nya...
moga aku bisa cepet kosong dan bisa beneran jadi volunteer... hehe

latif anshori said...

hahahahaaha kampret baca jawaban anak2 SD :D.


tapi betul juga sih, masa residen doang yang bisa keluar negeri :D /

elangdrum said...

Hahaha anak kecil memang selalu lucu, aku punya satu di rumah dan dia selalu buat aku bahagia!

Ezar Ikhsan said...

haha jawaban sobat kecil lucu-lucu , ternyata itu ya rasanya jadi volunter aku gak pernah rasain soalnya huhu T.T

Unknown said...

Memang shabat kecil itu unyu unyu kayak ponakan gue ?
Hahaa ahh padahal pelajaran sejarah itu membosankan banget, tetapi ini kokk jadi asyik dan seru hihii hebat hebat ,,,,

Dwi Oktanto said...

pngen bisa main-main dan seru-seruan, tetapi bermanfaat seperti ini. pengen menjadi volunter juga, tetapi di kotaku, aku gpernah denger keberadaannya -_-

Unknown said...

kak ... volunter itu apa ? :o

wuih enak gitu ya bisa ngasih pelajaran yg seru bareng anak-anak kecil, jujur aku juga pengen banget kayak gitu kak ... tapi sayang muka ku udah kelewat sangar :D wkwkwk

Wiwi Aswan said...

Rahmat : Hahaha nggak dong
Miftah : Amin, sukses ya mif :D
Latif : Hahaha iya >.<
Mas Elang : Ciee yang udah punya anak
Nazaruddin : Hahaha iya, yuk jadi volunteer :)
Vien : Iya dong, sekarang kan zamannya kreatif. Jadi yang ngebosanin di buat fun aja ^^
Dwi : Hayooo jadi orang kepo, nyari tau aja. Di semua kota pasti ada kok kegiatan sosial kayak gini :)
Taufan : Volunteer itu, relawan fan. Hahahha anak-anak nggak takut kok sama yang mukanya serem >.<

Mei Wulandari said...

iyaaa anaknya unyu-unyu,, tetap semangat ya Wiwi... tetap jadi volunteer yg baik hehe

toko penjual ace maxs said...

wah seru banget

Fatahillah said...

Salam kenal mba wiwi, membaca posting ini saya jadi teringat masa waktu kuliah..dan masih sebagai aktivis.. senengnya ngadain acara seperti ini .. hehe. Berwisata memang salah satu metode pembelajaran yang mudah di serap oleh anak-anak..